Cara mudah membuat PLC dari mikrokontroler (PLCmikro)

Kali ini saya akan share pengalaman saya membuat PLC (Programmable Logic Controller) dengan menggunakan mikrokontroler, mudah-mudahan bisa membantu teman-teman yang sedang melakukan Tugas Akhir ataupun yang ingin membangun suatu sistem yang menggunakan PLC akan tetapi tidak punya budget yang cukup untuk membeli PLC yang terdapat dipasaran.

Secara teori sistem kontrol pada PLC menggunakan sinyal biner dengan jumlah bit yang berbeda-beda tergantung dari spesifikasi yang dibuat oleh pabrikannya, dengan menggunakan sinyal biner tersebut kita dapat memperoleh keuntungan dalam proses pengontrolannya, yaitu dapat digunakan dalam kontrol program, juga dapat diproses secara digital, dan disimpan dalam memori elektronik. Jika kita melihat teori dari sistem kontrol PLC tersebut pada dasarnya memiliki kesamaan dengan sistem kontrol menggunakan mikrokontroler oleh karena itu sangat dimungkinkan untuk membuat suatu sistem PLC menggunakan mikrokontroler.

lalu bagaimana cara kita membuat PLC dari mikrokontroler? sangatlah mudah kita dapat memanfaatkan board arduino uno yang sudah kita punya, atau kalau belum punya silahkan membeli terlebih dahulu.

arduino2teman-teman bisa melihat gambar diatas yang merupakan board arduino uno yang menggunakan mikrokontroler ATMega328, dalam hal ini yang akan kita gunakan hanya boardnya saja sedangkan mikrokontroler ATMega328 akan kita ganti dengan mikrokontroler ATmega8 yang harganya lebih murah dan sangat mudah ditemukan dipasaran, lalu bagaimana pengoprasiannya sehingga bisa menjadi sebuah PLC yang menyerupai PLC yang terdapat dipasaran? ikuti langkah langkahnya sebagai berikut:

Jika semua sudah siap maka langkah selanjutnya adalah merangkainya, masukan botloader kedalam mikrokontroler ATmega8 dengan menggunakan USB ISP/USB ASP yang sudah dibuat, bagaimana caranya?ikuti langkah langkah berikut ini:

  • Siapkan USB ISP/USB ASP dan juga siapkan mikrokontroler ATMega8 lalu hubungkan dengan PC/Laptop ( saya asumsikan Anda sudah berhasil membuat USB ISP/USB ASP) kemudian Buka software progisp168, jika belum punya silahkan diunduh disini progisp168.rar Untuk dapat membukanya Anda tinggal klik kanan lalu klik rename dan hapus ekstensi file (.odt)
  • Setelah Anda berhasil membuka software progisp168 dan sudah terhubung dengan USB ISP/USB ASP buatan Anda maka Anda sudah siap untuk memasukan botloader, sebelumnya Anda harus mendownload software Arduino melalui link berikut ini https://www.arduino.cc/en/Main/Software atau Anda bisa mengunduh file botloadernya langsung disini bootloaders.rar
  • lalu ikuti langkah-langkah seperti gambar dibawah ini

progsip 1. Pilih jenis mikrokontroler yang digunakan yaitu ATMega8

2. Pada kolom Low Value / Low Fuse diubah menjadi (0xDF)

3. Pada kolom High Value/High Fuse diubah menjadi (0xCA)

4. Kemudian klik Write yang terletak dibawah tulisan ExtValue

progsip1Kemudian klik File dan pilih Load Flash dan pilih folder bootloader yang terdapat didalam folder hardware pada software arduino yang sudah Anda download.

1

Kemudian pilih dan buka folder atmega8 dan pilih file ATmegaBOOT.hex kemudian klik open

2

Langkah selanjutnya adalah pilih Command dan kemudian klik Write Flash

progsip2

Tunggu sampai proses selesai dan jika tidak terjadi error maka Anda sudah berhasil menanamkan bootloader kedalam mikrokontroler ATMega8 dan tentu saja langkah selanjutnya adalah meletakan mikrokontroler ATMega8 kedalam board Arduino UNO, dan akhirnya  mikrokontroler ATMega8 sudah bisa digunakan sebagai PLC mikro, lalu bagaimana cara mencobanya?

Ikuti langkah-langkah sebagi berikut:

leader1leader2

  • Lalu Compile program tersebut sehingga menjadi file (.Hex)
  • Kemudian download File tersebut kedalam mikrokontroler ATmega8 yang sudah dimasukan kedalam board Arduino UNO dengan menggunakan software ARPuploader seperti pada gambar berikut ini

arpuploader1. Pilih Mikrokontroler yang digunakan yaitu ATMega8

2. Pilih COM Port yang sedang digunakan untuk komunikasi antara PC dan board Arduino UNO ( biasanya akan terdektesi secara otomatis)

3. Pilih File (.hex) yang tadi sudah Anda buat

4.Klik Upload, tunggu sampai proses selesai, kemudian Anda dapat mencobanya untuk mengendalikan input dan juga output yang sesuai dengan program yang Anda buat.

Nb: perlu diingat dalam hal ini percobaan tidak bisa digunakan untuk menggerakan output yang lebih besar dari tegangan mikrokontroler karena jika ingin melakukannya harus membuat drivernya lagi, jadi ini hanya untuk pembelajaran PLC dasar yaitu belajar program dan aplikasinya bisa menggunakan tombol dan juga LED.

Bagaimana cukup mudahkan, jadi untuk apa keluar banyak uang untuk belajar dasar-dasar PLC jika kita bisa membuatnya sendiri, selamat mencoba semoga sukses dan jangan lupa cerdaskan Indonesia

11 responses to “Cara mudah membuat PLC dari mikrokontroler (PLCmikro)

  1. Pingback: Cara membuat leadder (diagram tangga PLC) dengan software LDmicro | utakatikmikro's Blog

  2. Pingback: Membuat PLC sederhana dengan mikrokontroler | utakatikmikro's Blog

  3. Pingback: Modul praktikum PLC mikro (Belajar Dasar-dasar PLC) yg murah | utakatikmikro's Blog

  4. fraga setiawan

    bos kuq Software ARPuploader gak ada gmna ya cara download nya

    • Ok kalau boleh minta alamat emailnya nanti saya kirimkan file RAR nya, terimakasih sudah berkunjung, maaf agak lama membalasnyam saya sedang diluar kota, dan sulit sekali menemukan jaringan internet yg baik.

  5. saya jg mnta gan.

  6. Terima kasih atas share catatannya kang . . .
    bagus dan bermanfaat.
    bisa share email kang ??

  7. iya bos ARPuploader sama progisp168 ndak ada, ndak bisa di download. Bisa minta tlg dikirim ke abdoel.kikaikogakka@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s